Ferrari Roma Spider Baru Beredar di Indonesia: Apa Keistimewaannya?


Ferrari Roma Spider telah resmi meluncur di Indonesia pada hari Selasa (5/12), mengusung kecepatan dan gaya La Nuova Dolce Vita. Mobil ini memasuki pasar Tanah Air melalui PT Eurokars Prima Utama (EPU). Lalu, apa yang membuat kendaraan ini begitu istimewa?


Desain Ferrari Roma Spider ditangani langsung oleh Ferrari Styling Center di bawah pimpinan Flavio Manzoni. Mobil ini menampilkan atap soft top yang terbuat dari bahan fabric yang dirancang khusus untuk mempertahankan proporsi elegan dari model coupé tanpa mengubah siluet aslinya.


Menariknya, Ferrari Roma Spider memiliki dimensi yang mencengangkan. Dengan panjang 4.656 mm, lebar 1.974 mm, tinggi 1.306 mm, dan jarak sumbu roda 2.670 mm, serta berat kosong 1.556 kg dengan tangki bahan bakar berkapasitas 80 liter.


Meskipun menggunakan atap soft top, aerodinamika dari Roma Spider tetap setara dengan Roma reguler yang memiliki atap hard top. Bahkan, sistem downforce-nya dapat diatur dalam tiga level: rendah, sedang, dan tinggi, yang bisa disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.


Fitur menarik lainnya adalah sistem kontrol selip samping (side slip control/SSC) yang menggunakan algoritma khusus untuk meningkatkan responsivitas kendaraan saat bermanuver, memberikan pengemudi kenyamanan dan keamanan ekstra terutama saat menikung pada kecepatan tinggi.


Yang tak kalah mengagumkan, Ferrari Roma Spider ditenagai oleh mesin V8 Turbo 3.855cc yang mampu menghasilkan 612 dk dan torsi sebesar 760 Nm. Mobil ini juga dilengkapi dengan Variable Boost Management yang mengontrol pengiriman torsi sesuai dengan gigi yang digunakan.


Tidak hanya itu, transmisinya menggunakan DCT delapan-percepatan dengan teknologi yang mirip dengan yang digunakan dalam balapan Formula 1. Kemampuan akselerasinya dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 320 km/jam.


Meskipun harga resmi di Indonesia belum diumumkan oleh distributor Eurokars, di Malaysia, Ferrari Roma Spider dibanderol seharga 3,2 juta ringgit atau sekitar Rp 10,6 miliar. Kemunculannya di Indonesia bisa menjadi opsi menarik bagi para pecinta desain dan performa mobil sport dengan sentuhan kemewahan Italia.

Comments

Popular posts from this blog

Teknologi Hybrid Ringan Terbaru: Toyota Hilux 48 Volt

Yamaha Siap Rilis Produk Baru: Motor Apa yang Akan Hadir?