Teknologi Hybrid Ringan Terbaru: Toyota Hilux 48 Volt








Toyota memperkenalkan varian terbaru dari Hilux dengan teknologi hybrid ringan. Pikap andalan ini kini dilengkapi dengan mesin turbodiesel 2.800 cc yang dipadukan dengan sistem hybrid ringan 48 volt.

Sistem hybrid pada Toyota Hilux terbaru ini membawa peningkatan tenaga. Dengan adanya starter-generator yang terintegrasi dengan belt, sistem hybrid ringan 48 volt dapat menambahkan tenaga sebesar 16 PS dan torsi tambahan 65 Nm. Tenaga listriknya berasal dari baterai lithium 48 volt yang ditempatkan di bawah kursi penumpang belakang.

Generator motor yang kokoh dengan desain kompak telah dibuat untuk menahan kondisi kerja yang keras, yang seringkali terjadi pada kendaraan komersial. Mesinnya telah dimodifikasi untuk beradaptasi dengan sistem hybrid. Penggunaan material belt yang lebih kuat turut berkontribusi pada peningkatan kemampuan berkendara serta menghasilkan suara yang lebih tenang, sambil tetap mempertahankan keandalan Hilux.

Mesin diesel 2.800 cc DOHC 16 katup yang telah memenuhi standar Euro 6 menjadi mesin utamanya. Dengan tenaga mencapai 204 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimal 500 Nm antara 1.600 rpm sampai 2.800 rpm.


Adapun fitur-fitur keamanan yang disematkan pada Hilux Hybrid 48V meliputi paket Toyota Safety Sense (TSS) yang dilengkapi dengan Pre-Collision System yang ditingkatkan untuk mendeteksi pejalan kaki di malam hari, pesepeda di siang hari, serta kendaraan atau pejalan kaki di persimpangan saat berbelok. Sistem ini memberikan peringatan dan dapat melakukan pengereman jika diperlukan.

Selain itu, Toyota juga memperbarui fitur lainnya pada Hilux terbaru, seperti Lane Departure Alert yang mampu mendeteksi sisi jalan dan adaptive cruise control yang membantu pengemudi menyesuaikan kecepatan serta membantu memperlambat kendaraan di jalan raya saat mendekati tikungan. Kemudian, hadir juga automatic high beam yang dapat mendeteksi kendaraan lain.


Toyota Hilux Hybrid 48V dilengkapi dengan teknologi Toyota Smart Connect terbaru yang menawarkan navigasi berbasis cloud dengan kontrol suara untuk panggilan telepon, AC, serta penguncian dan pembukaan kendaraan melalui aplikasi ponsel. Sistem hibrida ini juga didukung oleh layar 8 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel.

Diperkirakan, Toyota Hilux Hybrid 48V akan tersedia di pasar Eropa pada pertengahan tahun 2024.

Comments

Popular posts from this blog

Ferrari Roma Spider Baru Beredar di Indonesia: Apa Keistimewaannya?

Yamaha Siap Rilis Produk Baru: Motor Apa yang Akan Hadir?